Sabtu, 31 Maret 2012

Harapan itu Masih Ada


Animo masyarakat di berbagai daerah terkait dengan dunia perbukuan memang sangat beragam. Mudahnya, daerah-daerah yang memiliki banyak akses pendidikan animonya akan lebih baik ketimbang daerah yang akses pendidikannya sedikit, seperti halnya di kota-kota kecil. Oleh karena itu, tidak heran jika kebanyakan acara-acara pameran buku biasanya diselenggarakan di kota-kota besar yang sekaligus memiliki banyak akses pendidikan.



Sebagaimana yang kita ketahu bahwa baru saja digelar acara pameran buku terbesar dan terlengkap se-Asia Tenggara, yakni Islamic Book Fair (IBF) yang diselenggarakan dari tanggal 9 Maret s.d. 18 Maret 2012. Acara yang diadakan di gedung Istora Senayan, Jakarta ini sangat diminati para pengunjung. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang memadati acara IBF, meski di tempat lain—masih di lingkungan Istora—ada acara yang cukup menggiurkan para pencinta mode.


Berdasarkan data yang kami dapat dari Republika online Jumlah pengunjung yang mendatangi pameran buku mencapai lebih dari 400 ribu orang. Angka tersebut meningkat sekitar 8-9 persen dibanding jumlah pengunjung pada acara yang sama di tahun sebelumnya yang jumlah mencapai 385 ribu pengunjung. Bahkan di hari terakhir pelaksanaan IBF jumlah pengunjung terlihat semakin membludak. Kondisi ini membuat selasar dan akses antar-ruang pameran penuh sesak dengan para pengunjung. Tidak hanya itu, parkiran pun penuh dipadati mobil dan sepeda motor para pengunjung.

Melihat fenomena ini, kita layak berbahagia, ternyata masyarakat Indonesia masih mencintai buku yang merupakan gudang ilmu dan jendela peradaban. Seakan ada secercah harapan bahwa rakyat Indonesia memang ingin maju, ingin mempunyai andil dalam membangun peradaban dunia dengan akhlak Islam. Semoga animo masyarakat yang bisa dikatakan baik ini berbanding lurus dengan niat mereka untuk menggali ilmu sebanyak-banyaknya sebagai bekal mengarungi hidup di dunia dan persiapan menjemput alam akhirat. Semoga Allah selalu memudahkan hati kita untuk menuju kepada kebaikan. Amin. []



Gambar: 3.bp.blogspot.com

0 Komentar:

Posting Komentar